Survive (Roma 8 : 31-32, Ibrani 13 : 5-6)

Semua orang pasti mempunyai masalah, saat kita hidup di dunia kita tidak akan terluput dari permasalahan. Dalam dunia, orang beriman juga menghadapi problema, namun Tuhan punya prinsip sendiri untuk problema kehidupan anak-anakNYA.

Setiap masalah yang dihadapi orang-orang percaya adalah seijin Tuhan. Masalah pasti akan menjadi anugerah buat kita dan menjadi teguran untuk anak-anakNYA. Tuhan mengenal kita dan kita sudah diketahui secara detail oleh Tuhan.

Tuhan Yesus adalah Allah yang peduli dengan hidup kita, DIA adalah Tuhan yang mengerti penderitaan kita.

Allah tidak pernah salah dan keliru atas hidup kita (Ayub 34:12), jika ada permasalahan yang membesar itu karena respon manusia itu sendiri; Tuhan tidak pernah mengorbankan anak-anak yang dikasihiNYA.

Tuhan Yesus sanggup menyelesaikan semua problema dan mampu mengatasi segala perkara. Kesukaran bisa melanda orang-orang percaya, tetapi percayalah dalam iman kita kepada Tuhan pasti Tuhan membela kita karena DIA adalah Allah yang maha dahsyat yang mengatasi segala perkara yang mustahil.

Tuhan mau dan mampu mengubahkan segala bencana menjadi berkat yang membuat kita tetap survive. Anak-anak Tuhan, orang percaya tidak akan roboh dan stres menghadapi karena Tuhan yang membuat kita kokoh dan kuat menghadapi semua perkara itu.

Dengan Tuhan pasti semua masalah kita akan beres. Orang yang datang pada Tuhan karena kepepet, Tuhan juga tidak akan bertindak apa-apa. Datanglah kepada Tuhan dengan hati yang penuh dengan pertobatan. Tuhan bertindak tepat pada waktuNYA. Bisa menunggu pertolongan Tuhan adalah kunci untuk menang atas masalah hidup kita.

Pertolongan dan berkat Tuhan nyata pada waktunya Tuhan, bukan pada waktunya kita. Di dalam Tuhan selalu ada pengharapan dan tidak pernah ada kata terlambat bagi orang percaya.

Analisa setiap masalah hidup kita dengan instropeksi diri. Berdoalah dan bertanya kepada Tuhan untuk setiap masalah yang sedang kita hadapi. Belajarlah dari Firman Tuhan, bukan hanya belajar dari pengalaman kita di dunia. Saat kita melakukan Firman Tuhan maka kita pasti mencapai kesuksesan tanpa melewati pengalaman pahit. Semua pengalaman hidup kita harus diterangi dengan Firman Tuhan.

Mengerti kehendak Tuhan di dalam hidup kita. Untuk melakukan pertobatan atau tetap setia percaya kepada Tuhan. Tuhan punya rencana khusus bagi setiap orang dan tidak sama untuk semua orang.

PertolonganNYA pasti akan kita alami, kebaikan-NYA pasti akan terbukti. Kita tinggal menunggu waktu-NYA Tuhan.

*sumber: Kotbah Firman Tuhan Pdt. Jonatan Jap Setiawan (GBIS Kepunton)