Sumber Kekuatan & Penghiburan (II Korintus 1 : 3-11)

Penderitaan adalah salah satu bagian dari kehidupan manusia dan tidak terluput dari orang percaya bahkan hamba-hamba Tuhan.

Rasul Paulus juga mengalami banyak penderitaan yang sama bahkan lebih berat. Di dalam penderitaan tetap percaya bahwa sumber kekuatan dan penghiburan adalah di dalam Tuhan Yesus Kristus. Tuhan Yesus selalu memberikan damai sejahteraNYA untuk anak-anak yang dikasihiNYA.

Di masa-masa sulit saat kita merasa sudah tidak ada lagi orang yang tidak peduli lagi kepada kita, tetaplah percaya bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang selalu peduli akan hidup kita.

Semakin banyak dan semakin besar penderitaan yang kita alami; maka semakin banyak dan semakin besar pula penghiburan yang kita alami. Bahkan penghiburan yang berlimpah itu bisa kita bagikan kepada orang-orang yang mengalami penderitaan dan kesusahan.

Membagikan kebaikan dan kemurahan Tuhan kepada sesama kita untuk menghiburkannya ditengah kesesakan, dan melampaui segala kesusahan itu bersama Tuhan.

Berpikir positif dan penuh kesabaran dalam menghadapi kesukaran; merendahkan hati di hadapan Tuhan dan selalu andalkan Tuhan. Di dalam Tuhan ada perlindungan dan penyertaan Tuhan.

Dalam kesukaran kita membutuhkan bantuan dari orang lain; untuk saling menguatkan, membangunkan semangat dan saling mendukung khususnya di dalam doa.

Dengan doa bersama kita meninggalkan keegoisan untuk kepentingan sendiri, melaui doa bersama kita sedang bersama bersandar dan berpengharapan hanya kepada Tuhan.

Jangan pernah putus asa di tengah kesukaran dan penderitaan. Tuhan Yesus akan ikut campur tangan atas hidup kita, dan mujizat juga pasti terjadi di setiap kehidupan kita.

*sumber: Pdt. Joko Sembodo kotbah Firman Tuhan di GBIS Kepunton