Satu untuk Banyak Jiwa (Kisah Para Rasul 8 : 26-40)

Ada waktunya Tuhan menyelamatkan satu jiwa secara detail, Tuhan menginginkan dengan keselamatan satu orang bisa berdampak untuk banyak jiwa yang belum mengenalNYA.


Taat pimpinan Roh Kudus yang membuat setiap kita berhasil. Di “tempat-tempat yang sepi” atau di tempat dimana kita tidak ada lagi yang bisa kita lakukan, Roh Allah akan berkarya dan membuat kita mampu melakukan perkara-perkara yang besar dan ajaib.


Di saat tidak ada lagi yang bisa kita lakukan, di tempat yang tidak ada harapan dan tidak punya masa depan, kita sudah tidak tahu apa yang bisa kita kerjakan. Di situlah, awal dari keberhasilan yang paling luar biasa. Dalam keadaan sepi tetap berserah dan menurut pimpinan Allah, Tuhan akan membuat kita bisa melakukan perkara besar dari kesempatan yang kecil.


Saat kita dipimpin Roh Kudus, segala keadaan yang tidak ada pengharapan dan kita sudah tidak bisa melakukan apa-apa adalah kesempatan yang sangat besar. Semuanya pasti ada atas seijin Tuhan untuk mendatangkan kebaikan bagi orang yang mengasihi-Nya.


Jangan sia-siakan setiap peristiwa dan kejadian yang tidak menyenangkan untuk meraih berkat Tuhan. Setiap kesempatan kecil itu bukan kebetulan, pasti ada Tuhan di belakang kesempatan kecil itu. Tuhanlah yang akan membuat kita berhasil di tempat yang tidak ada harapan.


Ajaklah Tuhan untuk bekerja sama maka apa yang kita kerjakan akan menjadi sangat indah. Serahkan semua rencana dan persoalan kita kepada Tuhan, pasti hasilnya akan indah.
Allah sanggup menjamah yang tidak mungkin kita jamah Allah sanggup memperbaiki yang tidak bisa kita perbaiki.


Kekuatan Tuhan adalah kunci utama keberhasilan kita. Sekalipun kita di tempat yang kering, tapi Allah akan memberkati kita dengan limpah.


Tidak ada kesempatan kecil dan perkara yang tak berarti bagi orang yang percaya Tuhan. Bersama Tuhan, kita pasti bisa mengubah keadaan yang tidak berpengharapan menjadi mujizat yang dahsyat.

*sumber: Kotbah Firman Tuhan Pdt. Jonatan Jap Setiawan (GBIS Kepunton)