Manusia Gambar & Rupa Allah (Kejadian 1 : 26-28)

Manusia diciptakan segambar dan serupa Allah. Manusia diciptakan lebih tinggi daripada ciptaan Allah lainnya. Dan manusia berkuasa atas ciptaan-ciptaan Allah itu.

Ciptaan Allah dijadikan baik adanya, manusia adalah ciptaan terbaik Allah yang diberkati untuk berkuasa menjaga dan mengelola ciptaan Allah di dunia.

Setiap kita diberkati dengan kreativitas. Jadikan kreativitas yang diberikan Tuhan ini untuk mempermuliakan namaNYA. Menjadi berkat untuk setiap kreativitas yang Tuhan berikan untuk menaklukkan dunia, sehingga dunia tidak menguasai kita.

Bahkan disaat Tuhan mengingatkan setiap kita di era pandemi ini, agar kreativitas yang telah Tuhan berikan digunakan dengan benar sesuai kehendakNYA. Menggunakan setiap kreavitas untuk menjaga dunia bukan untuk melampaui kuasa Tuhan sendir, seperti yang dilakukan saat pembangunan menara babel. Menara babel yang dibangun dengan kreativitas itu dipakai untuk melampaui kuasa Tuhan, manusia kehilangan iman kepada Tuhan; saat Tuhan sudah berjanji, setiap kita harus percaya dan memegang janjiNYA. Di saat Tuhan sudah berjanji tidak memberikan bencana air bah atau maut, pegang janji itu di setiap kehidupan kita.

Manusia diberkati Tuhan dengan kemampuan beradaptasi. Di saat ciptaan lain ditetapkan Tuhan dengan tempat bertumbuh sesuai dengan kelengkapan yang diberikan Tuhan, manusia diberikan kehendak bebas untuk setiap tempat dengan kemampuan beradaptasi; begitu juga setiap kita diberkati dengan kemampuan untuk setiap musim kehidupan yang diijinkan Tuhan untuk kita lalui.

Tetap percaya dan beriman kepada Tuhan. Gunakan kreativitas yang diberikan Tuhan untuk kemuliaanNYA, beradaptasi di setiap musim hidup bersama Tuhan dan miliki kehendak bebas yang seturut Firman Tuhan.

*sumber: Kotbah Firman Tuhan Pdt. T Agus Suryanto (Salatiga) di GBIS Kepunton