Kemuliaan Dibalik Penderitaan (Mazmur 18 : 3)

Perlindungan Tuhan tidak terbatas; janganlah cemas, kuatir dan takut. Perlindungan Tuhan berlapis-lapis untuk keselamatan anak-anakNYA.

Tinggal di pihak Tuhan, tidak berbuat dosa. Jangan mundur mengikut Tuhan. Kita harus tahu apa maksud Tuhan di dalam hidup kita. Bersukacita dan bersyukur meskipun kita berada dalam kesulitan.

Meskipun Yusuf menjadi kesayangan ayahnya, namun diijinkan Tuhan melalui jalan yang sulit untuk menunjukkan kemuliaan Tuhan di dalam hidupnya. Begitu juga dengan Ayub yang mengalami penderitaan  berkebalikan dengan kondisi Ayub sebelumnya yang baik-baik saja bahkan berkelimpahan melalui ketaatan hidupnya kepada Firman Tuhan; namun Tuhan mengijinkan Ayub melalui semua itu menjadi alat teladan bagi kita sampai saat ini melalui imanNYA.

Kita harus belajar untuk percaya akan rencana Allah yang terbaik buat hidup kita. Kita harus belajar untuk percaya dan mengerti apa maksud Tuhan yang baik dibalik semua penderitaan dan sengsara yang kita alami.

Ketika kita di dalam masalah semakin peka pada bimbingan dan perkataan Firman Tuhan. Percaya pada kuasa Tuhan Yesus yang Maha Besar.

Yakinlah Tuhan Yesus pasti mengubah yang negatif menjadi postif, penderitaan menjadi sukacita, serta kegagalan menjadi keberhasilan besar di dalam hidup kita. Tuhan Yesus bekerja dahsyat di dalam hidup kita, jangan memaksakan cara kita karena Tuhan punya banyak cara menolong kita bahkan dengan cara yang sederhana namun ajaib bagi kita anak-anakNYA.

*sumber: Kotbah Firman Tuhan Pdt. Jonatan Jap Setiawan (GBIS Kepunton)