Bertekun dalam Ujian (Yakobus 1 : 2-4)

Pencobaan ada dua pengertian. Peirasmois adalah ujian yang diijinkan Tuhan untuk mengolah iman kita yang mengerjakan ketekunan di dalam aspek hidup kita. Peirathetai Epithumias adalah pencobaan yang dikarenakan perbuatan dosa atau karena hawa nafsu (kesalahan sendiri).

Bagaimana menjadikan pencobaan (peirasmois) menjadi sukacita yang memuliakan nama Tuhan? Kita harus tinggal di dalam kesucian; bereaksi dengan benar sesuai Firman Tuhan. (1 Petrus 4:19). Mengubah kesukaran menjadi keuntungan yang membawa kita pada sukacita surga yang kekal.

Dibalik hal yang menyakitkan, pasti ada kemuliaan dan berkat Tuhan yang tidak pernah kita kira. Menjaga perkataan, pikiran dan perbuatan kita saat ujian melanda. Belajar mengerti kehendak Tuhan di dalam pencobaan dan bersyukur di dalam segala perkara baik yang baik maupun keadaan buruk yang diijinkan Tuhan di dalam hidup kita.

Bersyukurlah karena Tuhan yang baik di dalam kita dan pertolonganNYA yang selalu terbaik. Rancangan Tuhan pasti yang terbaik bagi kita, anak-anak kesayanganNYA.

Orang yang setia dan tekun sampai akhir pasti melihat kemuliaan Tuhan di dalam kehidupannya. Tuhan Yesus adalah gembala kita, kita tidak akan kekurangan apapun. (Ibrani 10:36)